Sistem Informasi “Bantara” Untuk Pengenalan Baju Adat Nusantara Dengan Metode Incremental

Agus Susanto, Anik Andriani - Univcersitas BSI PSDJU Yogyakarta

Abstract


ABSTRACT - Foreign cultures become one of the causes the lack of younger generation interest on the knowledge and cultural preservation. One such culture is traditional dresses. Various traditional dress from provinces in Indonesia such as wedding clothes, traditional ceremonies, and others need to be studied along with the procedures for their uses. Socialization, formal and non-formal learning about traditional dress is less causes the ignorances level about that is higher. This research aims to build information system for Indonesian traditional dresses which is called BANTARA as one of the public education facilities about traditional dresses. While the stages of system development use the incremental method. The implementation phase of system development uses the programming languages PHP, HTML, Javascript, CSS, and MySQL. The results were obtained information system that can provide information on traditional dresses which facilities learning with the existence of categories such as men’s, women’s categories, use in events, and search by province. System testing using the Black Box Testing method shows that the functionality of the information system runs as expected.
Keyword: information system, BANTARA, incremental

ABSTRAK - Banyaknya budaya asing yang masuk menjadi salah satu penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap pengetahuan dan pelestarian budaya. Salah satu budaya nusantara yang perlu dilestarikan adalah baju adat. Beragam baju adat dari berbagai provinsi di Indonesia yang dapat digunakan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, upacara adat, dan lain-lain perlu dipelajari beserta dengan tata cara penggunaannya. Kurangnya kegiatan sosialisasi maupun pembelajaran formal maupun nonformal tentang baju adat nusantara menyebabkan semakin tingginya ketidaktahuan baju adat nusantara di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi Baju Adat Nusantara atau BANTARA yang nantinya dapat dijadikan salah satu sarana edukasi masyarakat tentang pengenalan baju adat nusantara. Dalam pembangunan sistem tersebut dilakukan pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan tahapan-tahapan pembangunan sistem menggunakan metode incremental. Tahap implementasi pembangunan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, Javascript, dan CSS serta database MySQL. Hasilnya diperoleh sistem informasi yang dapat memberikan informasi terhadap baju adat nusantara yang memudahkan pembelajaran dengan adanya kategori seperti kategori pria, wanita, penggunaan dalam acara, dan pencarian berdasarkan provinsi. Pengujian sistem menggunakan metode Black Box Testing menunjukkan fungsionalitas dari sistem informasi berjalan sesuai harapan.
Kata kunci: sistem informasi, BANTARA, incremental

Full Text:

PDF

References


Agustina, C., & Wahyudi, T. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. IJSE, I(1), 1-8.

Andriani, A., & Qurniati, E. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online dengan Metode Rapid Application Development (RAD). Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, X(2), 57-62.

Hidayat, R. (2017). Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online, Studi Kasus: Toko JAMBORESHOP. Jurnal Teknik Komputer, III(2), 90-96.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: DeePublish.

Ibrahim, A., & Lestari, E. (2011). Pengembagan Model Sistem Informasi Integrated Laboratory pada Perguruan Tinggi. KNTIA. Universitas Sriwijaya.

Jubilee Enterprise. (2016). Pemrograman Bootstrap untuk Pemula. Jakarta, Indonesia: PT. Elex Media Komputindo.

Maulana, R. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian Adat di Aceh Menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Jurnal TIKA, I(3), 41-47.

Novandya, A., Kartika, A., Wibowo, A., & Libriadiany, Y. (2012). Aplikasi Pengenalan Budaya Dari 33 Provinsi di Indonesia Berbasis Android. KOMMIT. VII, pp. 508-513. Depok: Universitas Gunadarma.

Nugroho, A., & Sasongko, M. Z. (2017, Oktober). Informasi Manajemen Pembelajaran Berorientasi Objek. Jurnal Sistem Informasi, IX(2), 1400-1414.

Sagala, G., Mesran, M., Sutikno, D. U., Yuhandri, & Suginam. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pakaian Adat Asli Indonesia Berbasis Multimedia dan Web Menerapkan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Jurikom, IV(4), 12-15.

Sianipar, R. H. (2015). Pemrograman Javascript Teori dan Implementasi. Bandung: Informatika.

Sidik, B., & Pohan, H. I. (2014). Pemrograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika.

Simarmata, J., & Paryudi, I. (2016). Entity Relationship Diagram dan Normalisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sofiah, E., & Septiana, Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Feasibility Study Untuk Menilai Kelayakan Bisnis. Jurnal Wawasan Ilmiah, VIII(1), 1-7.

Suparwanto, & Pradiatiningtyas, D. (2017). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web pada SMK N 4 Purworejo. Indonesian Journal on Networking and Security, VI(4), 1-8.

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, III, 1-9.

Yufita, R., & Andriani, A. (2016). Sistem Informasi dan Promosi Berbasis Web pada Family Mebel Magelang. Indonesian Journal on Networking and Security, V(1), 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.55181/ijns.v7i4.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700 (Print) 2354-6654 (Online)

Global Impact Factor 2012 : 0.345, 2013 : 0.412 - Universal Impact Factor  2014 : 0.12769 - SJIF – Scientific Journal Impact Factor 2012 : 4.074 - Google Scholar h5 Index: 20, h5 Median: 29