Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Pada Rumah Makan Gazebo Purwokerto

Aan Maryanto - AMIK BSI Purwokerto, Chandra Kesuma - AMIK BSI Pontianak

Abstract


ABSTRACT - The era of globalization is now very rapid technological developments, especially the development of computer-based technology and information. Now the computer is no longer something alien to the community, therefore in need of development and use of existing technology to help business business. By looking at the development of computer technology today, it becomes a very important thing for the business world to improve a service to consumers to provide easiness in service. There are still many business entities that consider marketing issues is not a complicated problem and must be made computerized because reservations can still be done manually. Gazebo restaurant has implemented food and beverage ordering system where ordering and reporting is done manually by bookkeeping system. So it is possible at the time of the process going wrong in the writing of food orders, less accurate reports made and delays in searching the necessary data. For that reason the author tries to make a system of ordering information on food and beverage based on web gazebo purwokerto restaurant that until now has not been computerized. This food and beverage ordering information system is the best solution to solve the problems that exist in this restaurant, and with a computerized system can be achieved an activity that is effective and efficient in supporting the activities of the company. A computerized system is better than a manual system to run more effectively and efficiently and the food and beverage ordering system is now more conducive than the previous system.
Keywords: Ordering Information System Food And Beverage, Website, Restaurant

ABSTRAKSI - Era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi sangat pesat, terlebih lagi perkembangan teknologi berbasis komputer dan informasi. Sekarang komputer bukan lagi merupakan sesuatu yang asing bagi masyarakat, oleh karena itu di butuhkan pengembangan dan penggunaan teknologi yang ada untuk membantu usaha bisnisnya. Dengan melihat perkembangan teknologi komputer saat ini, menjadi hal yang sangat penting bagi dunia bisnis untuk meningkatkan sebuah layanan kepada konsumen untuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanannya. Masih banyak badan usaha yang menganggap masalah pemasaran bukan merupakan masalah yang rumit dan harus di buat komputerisasi karena pemesanan masih dapat di lakukan secara manual. Rumah makan gazebo telah menerapkan sistem pemesanan makanan dan minuman dimana pemesanan dan pelaporan dilakukan secara manual dengan sistem pembukuan. Sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam penulisan pesanan makanan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk itulah penulis mencoba membuat sistem informasi pemesanan makanan dan minuman berbasis web pada rumah makan gazebo purwokerto yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Sistem informasi pemesanan makanan dan minuman ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada pada rumah makan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem pemesanan makanan dan minuman yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.
Kata Kunci: Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman, Website, Rumah Makan

Full Text:

PDF

References


A.S, R. 2014. Rekayasa Perngkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Abdulloh, R. 2017. Membuat Toko Online dengan Teknik OOP, MVC, dan AJAX. Jakarta: PT. elex Media Komputindo.

Ardhana, P. d. 2008. Sistem Informasi. Yogyakarta: Ardana Media.

Basuki, S.2011. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA.

EMS, T. 2009. Cara Mudah Menjadi WEB MASTER. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fauzi, D. D.2013. Sistem Informasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kadir.2009. Matering AJAX dan PHP. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Komputer, W.2013. Adobe Dreamweaver CS6. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Komputer, W. 2011. Mastering CMS Programming With PHP & MySql. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kristanto, A. 2010. Kupas Tuntas PHP & MySql. Klaten: Cable Book.

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Diambil dari :https://books.google.co.id/books?id=0_FaskY4xZgc (01 Mei 2017). , 66.

Limantara, H. S. 2009. Jelajah Dunia Maya dengan Cepat dan Mudah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Madcoms.2011. Belajar Cepat Corel Draw x5. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Madcoms. 2010. Menggenggap Dunia dengan internet. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nugroho, B. 2009. Latihan Membuat Aplikasi Web, Php, dan MySql dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Nugroho, B. 2012. Panduan Membuat Program Toko . Jakarta: PT. Alif Media.

Paryudi, S. d. 2010. Basis Data. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Puspitosari, H. A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5 . Malang: PT. Skripta Media Creative.

Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sugianto, M. 2010. Coreldraw X5. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sutabri, T. 2012. Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

W, A. S. 2011. Website super canggih dengan PLUGIN JQUERY TERBAIK. Jakarta: Mediakita.

Wk, T. d.2010. Membuat Website Canggih dengan jQuery untuk pemula. Diambil dari: https://books.google.co.id/books?id=JILvpBiu1YC (01 Mei 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.55181/ijns.v6i4.1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700 (Print) 2354-6654 (Online)

Global Impact Factor 2012 : 0.345, 2013 : 0.412 - Universal Impact Factor  2014 : 0.12769 - SJIF – Scientific Journal Impact Factor 2012 : 4.074 - Google Scholar h5 Index: 20, h5 Median: 29