Pembuatan jaringan local area network Pada laboratorium sekolah dasar negeri empat Sragen

Irma Ludyan Sari, Estiarto Wahyu Sumirat

Abstract


ABSTRAKSI: Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sragen belum terdapat suatu jaringan yang memungkinkan tiap komputer terhubung sehingga dalam bertukar data harus berjalan kesana-kemari dengan membawa alat penyimpan data. Para pengguna komputer sering mengeluhkan kesulitan mereka dalam belajar, hal ini dikarenakan belum adanya jaringan komputer yang memungkinkan mereka belajar dengan nyaman.

Tujuan penelitian ini adalah pembuatan LAN di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sragen untuk mempermudah transfer data. Dan manfaat dari penelitian ini adalah 1) mempunyai jaringan komputer yang saling terhubung sehingga dapat memudahkan proses kerja. 2) mempermudahkan guru dan siswa dalam transfer data.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, Observasi, Wawancara, Analisis, perancangan, pembangunan, uji coba dan implementasi.

Dari hasil penelitian diperoleh 1) Dengan dibangunnya Jaringan Local Area Network (LAN) di SDN 4 Sragen, maka sekarang ini komunikasi dan pertukaran data berjalan dengan maksimal dan efektif.. 2) Memiliki akses informasi berbasis internet yang memungkinkan warga sekolah untuk up tu date sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran


Full Text:

PDF : 73 – 80


DOI: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v3i2.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.