Sistem Komunikasi Data Menggunakan Gelombang Radio

Bambang Eka Purnama

Abstract


Di era yang serba global dan instant seperti saat ini, kebutuhan untuk selalu berhubungan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia tanpa memperhitungkan lagi dimensi ruang, jarak, waktu dan situasinya. Sebenamya upaya orang untuk menyelenggarakan hubungan jarak jauh sudah berlangsung lama dalam sejarah peradabannya. Tetapi perkembangan yang pesat baru terjadi pada sekitar abad 20-an seiring dengan majunya teknologi elektronika. Perkembangan telekomunikasi dan kemajuan iptek secara umum saling mempengaruhi. Karena arus informasi akan semakin cepat, sehingga orang akan lebih cepat tanggap terhadap situasi dan keadaan dengan jaminan lebih terarah dan terkontrol. Hal ini akan menyebabkan pola berpikir manusia semakin kritis, sehingga dampaknya adalah peradaban akan makin berkembang dan modern. Kualitas dan mutu perangkat serta sistem telekomunikasi juga makin tinggi dan handal, variasinya makin banyak, persentase kesalahannya makin kecil, sehingga unjuk kerja bidang telekomunikasi ini akan makin maksimal dan terpercaya serta makin meluas pada sisi kehidupan manusia yang paling mendasar sekalipun.

Internet adalah salah satu media untuk menyebarluaskan informasi yang sangat efisien karena kemudahan dan sarananya. Akan tetapi dari sisi biaya operasional masing tergolong mahal dan terbatas untuk kalangan tertentu saja. Untuk itulah diadakan penelitian untuk membuat suatu konektivitas dengan perangkat yang sederhana tetapi bisa menangani masalah yang diinginkan. Internet radio begitu istilahnya. Perangkat modem adalah perangkat pelengkap yang utama untuk dapat mengguankan gelombang radio. Perangkat ini akan berfungsi sama seperti modem telepon konvensional hanya medianya saja yang berbeda yaitu menggunakan frekuensi radio.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mengetahui kelebihan maupun kekurangan yang ada. Sehingga akan dapat ditindaklanjuti untuk membuat suatu perangkat yang lebih baik. Sehingga biaya yang menjadi faktor utama dapat ditekan. Dengan  berbagai pertimbangan penelitian dilakukan dengan mengambil objek sentral di Universitas Surakarta.

Modem radio dapat berjalan baik pada komputer dengan prosesor 486DX atau yang lebih baru, dengan memori RAM minimal 4 MB atau lebih dan VGA card 1 MB atau lebih.

Sistem masih mengguankan tampilan teks. Sehingga belum bisa mengakses data – data yang sangat beragam dikarenakan kecepatan modem yang masih terbatas.


Full Text:

PDF : 06 – 16


DOI: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v2i2.819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.