Perancangan Sistem Informasi Registrasi Dan Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus

Sri Haryati, Bambang Eka Purnama

Abstract


ABSTRAK: Setiap masyarakat pasti ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik yang diberikan dari instansi-instansi pelayanan. Dengan melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat maka semakin besar kepercayaan yang diberikan kepada instansi tersebut. Inilah yang menjadi salah satu tugas dari Disdukcapil misalnya di bidang pelayanan akta. Usaha-usahapun telah dilakukan mulai penataan ruang yang nyaman dan fasilitas yang menunjang untuk mempermudahkan petugas melakukan pekerjaannya dengan menerapkan sistem yang telah terkomputerisasi. Sistem komputerisasi yang ada di pelayanan akta lebih terfokus pada proses pembuatan akta kelahiran. Sedangkan untuk pelayanan misalnya pendaftaran akta kelahiran, administrasi pembayaran dan pengambilan akta kelahiran masih dilakukan secara manual. Sehingga bisa menyebabkan antara pendaftaran akta kelahiran dengan administrasi pembayaran tidak sinkron. Kesalahan dalam pengambilan akta kelahiran terkadang juga pernah terjadi.Dari kejadian-kejadian tersebut, peneliti berusaha untuk membuat sistem informasi yang dapat meminimalisir kesalahan yang pernah terjadi. Dengan adanya sistem informasi registrasi dan pelayanan akta kelahiran di disdukcapil Kab. Kudus diharapkan akan membantu dan memudahkan dalam pengolahan data dan pembuatan laporan secara akurat, efektif dan efisien.
Kata Kunci : Sistem Informasi, pelayanan

ABSTRACT: Each community would like to get the best service provided from service agencies. By doing good service to the community, the greater the credence given to the institution. This has been one of the tasks in areas like service Disdukcapil deed. Business start-usahapun has made a comfortable living arrangements and support facilities to facilitate the officer doing his job by implementing a system that has been computerized. Computerized system that is in deed more services focused on the birth certificate. As for the service such as a birth certificate registration, administration and payment of a birth certificate retrieval is still done manually. So that could lead to the birth certificate of registration with payment is not sikron administration. Birth certificate errors in decision sometimes also terjadi.Dari these events, researchers are trying to create information systems that can minimize the errors that have occurred. With a system of registration information and services on the birth certificate disdukcapil District. Ghost is expected to assist and facilitate in data processing and report accurately, effectively and efficiently.
Keywords : Information Systems, service

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v1i1.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.