Pembuatan Film Animasi Rahasia Gatotkaca Menggunakan Animasi 2 Dimensi

Ristina ., Bambang Eka Purnama

Abstract


ABSTARKSI : Indonesia merupakan negara yang memiliki beranekaragam budaya dan seni. Salah satu cerita yang cukup terkenal di daerah Jawa adalah cerita-cerita perwayangan. Salah satunya adalah cerita Gatotkaca. Cerita dan tokoh yang kita miliki tersebut cukup menarik, namun ketertarikan masyarakat Indonesia untuk melestarikan karya tersebut sangat kurang. Maka dibuatlah film animasi 2D Rahasia Gatotkaca dengan konsep komedi singkat dan pengemasan sesuai dengan perkembangan jaman.
Tujuan dari pembuatan film animasi ini adalah menciptakan film animasi 2 dimensi dengan suatu karakter Jawa dengan teknik gaya gambar kartun Amerika, menciptakan suatu cerita film animasi 2D yang berbau legenda dengan konsep komedi modern.
Manfaat dari penelitian ini adalah memperkaya hasil karya buatan dalam negeri dibidang perfilman dan animasi, memberikan sebuah karya desain yang dapat dinikmati dan bersifat menghibur di tengah-tengah masyarakat.
Metode yang digunakan adalah Metode Kepustakaan dan Internet, Metode Observasi, Metode Perancangan dan Metode Implementasi. Dalam penelitian ini juga diuraikan mengenai tahap pembuatan storyboard, pembuatan gambar dan karakter dari pemain, pembuatan simbol-simbol, pemberian action script, pemberian sound atau musik sampai Implementasi pada akhir proses pembuatannya. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan film ini dapat menjadi hiburan yang menarik dan diambil nilai positif dari tampilan yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah film animasi 2D berjudul Rahasia Gatotkaca yang dapat memperkaya hasil karya buatan dalam negeri di bidang perfilman dan animasi.
Kata kunci : Film Animasi Interaktif, Animasi 2 Dimensi

ABSTARCT: Indonesian is the country that have so many culture and art. One of the legend story that very famous in Javanese are muppet story. One of them is The Legeng of Gatotkaca. The character and the story that Indonesian have are very interesting but the people in Indonesia are not attractive to safe the culture. So that Rahasia Gatotkaca 2D animation movie have made with short comedy concept and packaging growth as the age.
The goal from this movie are make animation movie are to create animation movie 2D with Javanese character and with drawing technic of American cartoon. And to create animation movie legend with modern comedy concept. Benefit from this research. are to develop majority in animation movie in local country, make a story design that can enjoyed in front of people in Indonesian. Method from this research are Library Method its included browsing from the internet, Observation Method, Reference Method and Implementation Method.
This research will also elaborated the arrangement of producing picture symbol, and character, give the Action Script, give sound/ music until implementation at finishing made progress. All of them are aimed to entertained the viewers hope this movie can made for entertainment and can use the positive effect from the really viewers. The result from this reserch of making animation movie 2D are it can growth animation movie 2D that local made in production of animation and movies.
Keyword: Interactive Animation Movie, Animation 2 Dimention

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v2i1.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.