Pendaftaran pengguna layanan hotspot berbasis web Pada hotspot mikrotik dan freeradius

Arif Wicahyanto, Estiarto Wahyu Sumirat

Abstract


Abstraksi : Lokasi yang memberikan akses internet menggunakan jaringan nirkabel atau lebih dikenal sebagai hotspot sudah sangat umum ditemui saat ini. Metode autentifikasi yang digunakan penyedia layanan hotspot tidak sama satu dengan yang lainnya, metode autentifikasi yang secara umum digunakan adalah penggunaan satu kata kunci (password) secara bersama-sama. Metode autentifikasi yang lain adalah menggunakan username dan password untuk mengakses layanan hotspot bagi tiap pengguna. Implentasi hotspot dengan menggunakan username dan password membutuhkan aplikasi pendukung RADIUS dan sistem portal captative. Aplikasi RADIUS berperan sebagai media autentifikasi dan autorisasi data pengguna dan sistem portal captative yang berperan mengarahkan pengguna ke halaman autentifikasi akses hotspot.
Pengguna layanan hotspot dengan metode akses username/password harus memiliki username dan password yang telah terdaftar. Proses pembuatan username dan password dilakukan oleh pengelola hotspot sehingga proses pembuatannya akan memakan waktu dan menambah beban kerja pengelola hotspot sehingga dibutuhkan suatu sistem pendaftaran mandiri bagi pengguna layanan hotspot. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan sistem pendaftaran dan manajemen pengguna hotspot. Penelitian menggunakan metode deskriftif dengan menganalisa data-data dan menggunakan data tersebut sebagai acuan pembangunan sistem. Dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi berbasis web yang digunakan pengguna hotspot untuk melakukan pendaftaran dan pengelola hotspot untuk melakukan verifikasi. Pengujian dilakukan pada proses pendaftaran pengguna hotspot, pemulihan password, sistem notifikasi dan verifikasi data pendaftar oleh pengelola hotspot. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah kelancaran pengguna layanan hotspot dan akuntabilitas pengguna layanan hotspot dengan penerapan username dan password untuk tiap pengguna.
Hasil penelitian yang berupa aplikasi pendaftaran dan manajemen pengguna hotspot menjadi solusi mengatasi permasalah pengelolaan layanan hotspot yang menerapkan metode autentifikasi username dan password. Penelitian ini tidak lepas dari masalah yang belum terpecahkan yaitu adanya kemungkinan penggunaan username dan password oleh pengguna lain, pengguna hotspot yang telah terdaftar dapat memberikan username dan password-nya kepada pengguna lain, ke depan perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut guna memberikan batasan dengan melakukan autentifikasi pada tingkat perangkat pengakses hotspot yang disesuaikan dengan username dan password pengguna.

Kata kunci/Key word : Manajemen Hotspot, Mikrotik, Hotspot, FreeRADIUS

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v1i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.